Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Tafsir Al-Misbah Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, MA

Nazaroh, Indah (2024) Konsep Pendidikan Islam Dalam Perspektif Tafsir Al-Misbah Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, MA. Diploma thesis, STAI Tebingtinggi Deli.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (288kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (361kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (233kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (446kB)
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian ini termasuk jenis penelitian pustaka (library research), yakni penelitian yang obyek kajiannya menggunakan data pustaka berupa buku-buku sebagai sumber datanya.
Hasil penelitian terkait dengan tujuan pendidikan M. Quraish Shihab mengambil tujuan pendidikan dari sudut pandang Alquran. M. Quraish Shihab mengemukakan bahwa tujuan Pendidikan adalah membina manusia agar menyadari bahwa dirinya sebagai hamba Allah dan menjalani fungsinya sebagai khalifah Allah di muka bumi ini. Pendidikan menurut M. Quraish Shihab harus memerhatikan ketiga aspek dalam diri manusia yaitu akal, jiwa dan jasmani. Pembinaan akal menghasilkan ilmu, pembinaan jiwa menghasilkan kesucian dan etika, serta pembinaan jasmani akan menghasilkan keterampilan. M. Quraish Shihab mengemukakan bahwa tujuan pendidikan mengarah pada tujuan Pendidikan umum atau yang disebut juga tujuan sempurna. Tujuan sempurna atau tujuan akhir pendidikan menurut M. Quraish Shihab harus mampu membentuk manusia dwidimensi yang seimbang antara akal dan iman, akal dan spiritual, dan terakhir adalah duniawi dan ukhrowi.
Mengenai metode pembelajaran secara umum M. Quraish Shihab juga mengambil pendekatan berdasarkan Alquran, yang memperlakukan manusia sesuai dengan unsur penciptaannya yaitu jasmani, jiwa, dan akal. Oleh karena itu M. Quraish Shihab tidak mengusulkan sebuah metode khusus dalam penyampaian materi. Hal terpenting dalam penyampaian materi adalah dengan kalimat-kalimat yang menggugah dan menyentuh hati, disertai contoh dan pembiasaan untuk memantapkan materi yang diajarkan. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran yang disarikan oleh M. Quraish Shihab dari Alquran amat selaras dengan pembelajaran yang terpusat pada peserta didik (student center), hal tersebut disebabkan karena setiap metodenya selalu memperhatikan kondisi peserta didik yaitu akal, fisik, maupun psikologis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Perspektif Muhammad Quraish Shihab, Tafsir Al Misbah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Rudi Insani Purba
Date Deposited: 25 Mar 2024 03:00
Last Modified: 25 Mar 2024 03:00
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item
View Item