Wanda Aulia, Wanda (2025) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKIDAH AKHLAK DI ERA DIGITALISASI (STUDI KASUS) DI MADRASAH ALIYAH AL WASHLIYAH JL. 13 DESEMBER KOTA TEBING TINGGI. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.
COVER_0211001962_WANDA AULIA.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (62kB)
SKRIPSI_0211001962_WANDA AULIA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
trategi Guru dalam
Menanamkan Nilai-Nilai Akidah Akhlak di Era Digitalisasi (Studi Kasus di
Madrasah Aliyah Al Washliyah Jl. 13 Desember Kota Tebing Tinggi). Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebing Tinggi
Deli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi
guru dalam menanamkan nilai-nilai akidah akhlak di era digitalisasi, mengetahui
kondisi siswa dalam menghadapi tantangan moral, serta mengevaluasi efektivitas
strategi tersebut di Madrasah Aliyah Al Washliyah Jl. 13 Desember Kota Tebing
Tinggi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan
metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara
mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran akidah akhlak yang adaptif dan
kontekstual, seperti penggunaan media digital (video Islami, kuis daring),
pendekatan diskusi terbuka, pembuatan jurnal akhlak, serta keteladanan dalam
interaksi sehari-hari. Siswa mengalami berbagai tantangan moral di era digital,
seperti pengaruh media sosial, konten negatif, dan gaya hidup instan. Namun,
pendekatan guru yang humanis dan reflektif mampu mendorong kesadaran dan
perubahan sikap siswa secara bertahap. Evaluasi terhadap strategi dilakukan
secara menyeluruh, tidak hanya dari aspek kognitif, tetapi juga afektif dan
perilaku nyata siswa di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam pembelajaran akidah
akhlak terbukti efektif dalam membentuk karakter Islami siswa di era digital,
apabila dilakukan secara konsisten, kreatif, dan didukung oleh lingkungan
madrasah yang kondusif.
| Item Type: | Skripsi (S-1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Akidah Akhlak, Era Digitalisasi, Pendidikan Islam, Nilai Karakter |
| Subjects: | Skripsi > Komunikasi dan Penyiaran Isam |
| Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id |
| Date Deposited: | 13 Dec 2025 04:12 |
| Last Modified: | 13 Dec 2025 04:12 |
| URI: | https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/41 |
