Penerapan Media Big Book Dalam Meningkatkan Hafalan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Pada Materi Peralatan Sekolah Di Mts Negeri Kota Tebing Tinggi

Zahro, Nur Abdillah (2024) Penerapan Media Big Book Dalam Meningkatkan Hafalan Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Pada Materi Peralatan Sekolah Di Mts Negeri Kota Tebing Tinggi. Diploma thesis, STAI Tebingtinggi Deli.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (622kB)
[thumbnail of Skripsi.pdf] Text
Skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil peningkatan hafalan kosa kata bahasa Arab pada materi peralatan sekolah siswa kelas VII sebelum dan sesudah penerapan media Big book di MTs Negeri Kota Tebing Tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitaif dengan model eksperimen desain pre-eksperimen jenis pre-test dan post-test one group design yaitu penelitian hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Treatment atau perlakuan akan diberikan kepada satu kelas, yakni siswa akan mengikuti pembelajaran bahasa Arab materi peralatan sekolah sebelum menggunakan media Big book dengan memberikan pretest (tes awal) dan sesudah menggunakan media Big book. Kemudian peneliti akan memberikan posttest (tes akhir).
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan media Big book dalam meningkatkan hafalan kosakata bahasa Arab pada materi peralatan sekolah siswa kelas VII di MTs Negeri Kota Tebing Tinggi, hal ini dilihat dari perbedaan hasil pretest yaitu sebelum menggunakan media Big book dalam menghafal kosakata diketahui persentase hafalan kosakata ada 5 siswa ketegori tidak mampu dengan nilai presentasi 33,33%, 8 siswa tergolong kategori kurang mampu dengan nilai presentasi 53%, 2 siswa tergolong kategori mampu dengan nilai presentasi 13,33%. dan untuk kategori sangat mampu belum ada peningkatan. Sedangkan setelah menggunakan media Big book persentase hafalan kosakata siswa ada 5 orang anak dengan persentase 33,33% kategori sangat mampu, 7 orang anak dengan persentase 46,66% yang kategori mampu. Untuk kategori kurang mampu ada 3 orang anak dengan persentase 20% dan untuk kategori tidak mampu sudah tidak ada lagi.
Hasil uji hipotesis melalui output one-sample test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penerapan media Big book dalam meningkatkan hafalan kosakata bahasa Arab pada materi peralatan sekolah siswa kelas VII di MTs Negeri Tebing Tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Big book, Hafalan, Kosakata Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Rudi Insani Purba
Date Deposited: 16 Mar 2024 08:15
Last Modified: 16 Mar 2024 08:15
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item
View Item