IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAFARI DAKWAH PERWIRIDAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PESERTA DIDIK DI MTS AL WASHLIYAH INSANUL KAMIL KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Dinda Febry Ayu, Dinda (2025) IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SAFARI DAKWAH PERWIRIDAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PESERTA DIDIK DI MTS AL WASHLIYAH INSANUL KAMIL KECAMATAN PERBAUNGAN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.

[thumbnail of COVER_0212001104_DINDA FEBRY AYU.docx] Text
COVER_0212001104_DINDA FEBRY AYU.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (71kB)
[thumbnail of SKRIPSI_0212001104_DINDA FEBRY AYU.docx] Text
SKRIPSI_0212001104_DINDA FEBRY AYU.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al Washliyah Insanul Kamil Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kegiatan ekstrakurikuler Safari Dakwah Perwiridan dalam meningkatkan kemampuan public speaking peserta didik di MTs Al Washliyah Insanul Kamil. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari subjek penelitian secara langsung melalui teknik wawancara dengan kepala madrasah, pembimbing kegiatan, dan beberapa peserta didik yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Sedangkan data sekunder yang digunakan seperti pustaka-pustaka yang dapat dijadikan referensi berupa buku, internet, jurnal dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kegiatan ekstrakurikuler Safari Dakwah Perwiridan mampu untuk meningkatkan kemampuan public speaking peserta didik melalui metode memoriter (menghafal). Beberapa faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan ini antara lain: pertama, sistem latihan dilakukan secara rutin setelah kegiatan akademik selesai sehingga tidak mengganggu proses akademik peserta didik. Kedua, ekstrakurikuler ini masuk ke dalam program wajib madrasah dimana peserta didik wajib untuk ikut serta. Ketiga, perekrutan dilakukan berdasarkan minat siswa. Keempat, adanya faktor pendukung seperti fasilitas yang tersedia, dukungan dari pembimbing kegiatan, ustadz/ustadzah, orang tua peserta didik serta masyarakat.
Adapun faktor penghambat kegiatan ini adalah transportasi yang dinilai kurang efektif serta jadwal Perwiridan yang terkadang berubah-ubah.

Item Type: Skripsi (S-1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Public Speaking, Safari Dakwah Perwiridan
Subjects: Skripsi > Komunikasi dan Penyiaran Isam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2025 07:20
Last Modified: 08 Dec 2025 07:20
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item
View Item