Dampak Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Mts Rohani Ikhwanul Muslimin Desa Penggalangan Kec. Tebing Syahbandar Kab. Serdang Bedagai

Ramadhani, Indah (2024) Dampak Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Pada Peserta Didik Di Mts Rohani Ikhwanul Muslimin Desa Penggalangan Kec. Tebing Syahbandar Kab. Serdang Bedagai. Diploma thesis, STAI Tebingtinggi Deli.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi.pdf] Text
Skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (796kB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan angket. Untuk menguji hipotesis dilakukan analisis statistik dengan analisis statistik dengan teknik analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 orang yang diambil dari peserta didik MTs rohani ikhwanul muslimin.
Hasil analisis menunjukkan bahwa persamaan regresi linear sederhana pada penelitian ini yakni diketahui karakter disiplin peserta didik (Y) nilainya positif yaitu sebesar 29,548. Koefisien regresi variabel Pembiasaan shalat dhuha (X) sebesar 0,102 artinya jika Pembiasaan shalat dhuha mengalami peningkatan maka Karakter disiplin peserta didik (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,102. Koefisien bernilai positif artinya terjadi, hubungan positif antara pembiasaan shalat dhuha terhadap pembentukan karakter disiplin peserta didik. nilai signifikan 0,002 lebih kecil dari 0,05 dan nilai dari thitung 2,307 > lebih besar dari rtabel 1,992102. Yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara variabel pembiasaan shalat dhuha (X) dengan pembentukan karakter disiplin peserta didik (Y). Dan diketahui bahwa Fhitung > Ftabel (463,893 > 3,97) dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,005. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara pembiasaan shalat dhuha ( X ) terhadap pembentukan karakter disiplin peserta didik (Y). Adapun nilai koefisien determinasi (R square) yang diperoleh sebesar 0,037 atau 3,70% artinya besarnya pembiasaan shalat dhuha terhadap pembentukan karakter disiplin peserta didik di MTs rohani ikhwanul muslimin.adalah sebesar 3,70%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuha, Pembiasaan dan Disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Rudi Insani Purba
Date Deposited: 16 Mar 2024 08:03
Last Modified: 16 Mar 2024 08:03
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item
View Item