PENGARUH PENGGUNAAN FLASHCARD AYAT DAN HADITS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIST DI MADRASAH ALJAMIYATUL WASHLIYAH KOTA TEBING TINGGI

Rahimah Husnayani, Rahimah (2025) PENGARUH PENGGUNAAN FLASHCARD AYAT DAN HADITS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PADA MATA PELAJARAN ALQURAN HADIST DI MADRASAH ALJAMIYATUL WASHLIYAH KOTA TEBING TINGGI. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.

[thumbnail of COVER_0211001945_RAHIMAH HUSNAYANI.docx] Text
COVER_0211001945_RAHIMAH HUSNAYANI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (71kB)
[thumbnail of SKRIPSI_0211001945_RAHIMAH HUSNAYANI.docx] Text
SKRIPSI_0211001945_RAHIMAH HUSNAYANI.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (245kB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Pendidikan agama Islam memegang peran yang sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik serta menanamkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Di antara mata pelajaran yang menjadi pilar utama dalam pendidikan agama Islam di madrasah adalah Al-Qur’an dan Hadits, yang Dimana Al-Qur’an dan hadits memiliki kedudukan yang sangat strategis. Al-Qur’an dan hadits secara konkret mempunyai dedikasi penting dalam memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempraktikkan nilai-nilai yang Islami dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur’an dan hadits menjadi dasar, dan landasan moral yang sangat kuat karena memiliki pesan moral yang sangat banyak didalamnya yang bisa diterapkan kapan saja. Lebih dari itu, nasihat-nasihat didalamnya selalu realitas, memastikan bahwa pesan dan makna yang disampaikan itu fleksibel dan nyata. Al-Qur’an dan hadis merupakan sumber hukum islam yang tidak dapat dipisahkan, dikarnakan Al-Qur’an ini sebagai pedoman umat muslim dalam berkehidupan. Dengan demikian, metode pembelajaran dan media pembelajaran yang diterapkan di madrasah harus dirancang sedemikian rupa agar dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam secara maksimal. Penerapan metode penggunaan media pembelajaran seperti Flashcard menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat diperoleh informasi yang lebih mendalam mengenai pengaruh metode ini terhadap hasil belajar peserta didik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi (quasi-experimental). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Al Washliyah Kota Tebing Tinggi, yang merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang ada di daerah tersebut. Teknik Pengumpulan data menggunakan Tes, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis Data menggunakan Uji Validitas Butir soal,Uji Reliabilitas, tingkat kesukaran soal, data pembeda soal,uji normalitas, uji homogenitas varians, uji hipotesis (Uji T). 1. Hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sebelum menggunakan Flashcard Ayat dan Hadits berada pada kategori rendah. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 65,48, dan kelompok kontrol sebesar 64,97, yang keduanya masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Artinya, secara umum kemampuan awal peserta didik terhadap materi Al-Qur’an dan Hadits masih belum optimal, baik di kelas eksperimen maupun kontrol.
2. Setelah diberikan perlakuan pembelajaran menggunakan media Flashcard Ayat dan Hadits, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen meningkat menjadi 79, dengan 84,85% siswa mencapai nilai ≥ KKM. Sementara itu, kelompok kontrol yang tidak menggunakan Flashcard hanya mencapai rata-rata 71, dengan 34,37% siswa mencapai nilai ≥ KKM.
3. Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Flashcard Ayat dan Hadits terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Hal ini dibuktikan melalui uji-t (independent sample t-test) yang menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, yang berarti hipotesis nol (H₀) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, penggunaan media Flashcard berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran tanpa media tersebut.

Item Type: Skripsi (S-1)
Uncontrolled Keywords: Flashcard, Hasil belajar, Pelajaran Alqur'an dan Hadist
Subjects: Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:23
Last Modified: 08 Dec 2025 06:23
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item
View Item