Muhammad Arif, Arif (2025) PENGARUH METODE ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (FIKIH PERNIKAHAN) DI KELAS XI SMK NEGERI 1 TEBING TINGGI. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.
COVER_0211001927_MUHAMMAD ARIF.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (111kB)
SKRIPSI_0211001927_MUHAMMAD ARIF.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (376kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan tidak hanya dipandang sebagai usaha pemberian informasi dan pembentukan keterampilan saja, namun diperluas sehingga mencakup usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan, dan kemampuan individu hingga tercapai tujuan Pendidikan Agama Islam serta pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan. Pendidikan bukan hanya sebagai sarana untuk mempersiapkan kehidupan masa depan, tetapi juga untuk kehidupan peserta didik saat ini yang sedang dalam proses perkembangan menuju kedewasaan. Dalam era globalisasi yang penuh tantangan ini, penguatan pembelajaran PAI di SMK sangat penting untuk membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten dalam bidangnya, tetapi juga berkarakter mulia, berakhlak baik, dan bertanggung jawab terhadap agama dan bangsa. Oleh sebab itu, peningkatan motivasi belajar menjadi fokus utama dalam menciptakan proses pembelajaran PAI yang berkualitas. Motivasi belajar merupakan dorongan dari dalam maupun luar yang membuat peserta didik bersemangat untuk belajar. motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian eksperimen dipilih karena sesuai untuk menguji hubungan sebab-akibat antara variabel bebas dan variabel terikat melalui pemberian perlakuan khusus pada kelompok tertentu dan membandingkannya dengan kelompok lain yang tidak diberikan perlakuan serupa. Dalam hal ini, metode Role Playing merupakan perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen, sementara kelompok kontrol tetap diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi yang beralamat di Jl. Letda Sujono No.20612, Bulian, Kec. Bajenis, Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi. Pelaksanaan Metode Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi tergolong cukup baik. Hal ini terlihat dari hasil angket dengan skor rata-rata 29,83, yang menunjukkan bahwa siswa merespons cukup positif terhadap metode ini. Tingkat Motivasi Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Tebing Tinggi berada pada kategori tinggi. Rata-rata skor yang diperoleh sebesar 43,65 menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki semangat dan dorongan yang kuat dalam mengikuti pembelajaran, baik secara internal maupun eksternal. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,013 (< 0,05), dan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,567. Hal ini menunjukkan bahwa 56,7% variasi dalam motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh penerapan metode Role Playing, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode ini berkontribusi positif dalam meningkatkan semangat belajar siswa.
| Item Type: | Skripsi (S-1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Role Playing, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | Skripsi > Pendidikan Agama Islam Skripsi > Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 05:33 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 05:33 |
| URI: | https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/23 |
