PERANAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM UPAYA PEMBETUKAN ETIKA SISWA MAS PONDOK PESANTREN DARUL MUKHLISIN TAHUN AJARAN 2025/2026

Miftahul Jannah Siregar, Jannah (2025) PERANAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM UPAYA PEMBETUKAN ETIKA SISWA MAS PONDOK PESANTREN DARUL MUKHLISIN TAHUN AJARAN 2025/2026. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.

[thumbnail of COVER_0211001925_MIFTAHUL JANNAH.docx] Text
COVER_0211001925_MIFTAHUL JANNAH.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (71kB)
[thumbnail of SKRIPSI_0211001925_MIFTAHUL ZANNAH SIREGAR.docx] Text
SKRIPSI_0211001925_MIFTAHUL ZANNAH SIREGAR.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (691kB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Mata pelajaran Aqidah Akhlak bertujauan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan peserta didik yang di wujudkan dalam akhlaknya yang terpuji, melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, serta pengalaman peserta didik tentang Aqidah dan Akhlak Islam, sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaanya kepada Allah SWT, serta berakhlak mulia dalam kehidipan pribadi, masyarakat , berbangsa dan bernegara serta untuk dapat melanjutkan pada jenjang pendidikan yang lebih. Dalam penelitian ilmiah ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Menurut Cresswell penelitian kualitatif merupakan penelitian yang bersifat deskriptif dan terkadang menggunakan analisis dengan pendekatan induktif. Penelitian ini dimaksud untuk mendeskripsikan apa adanya dari suatu keadaan yang terjadi di lapangan. Jadi penelitian ini menggambarkan bagaimana peranann Guru Akidah akhlak dalam membentuk etika Siswa MAS Pondok Pesantren Darul mukhlisin. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak di MAS Pondok Pesantren Darul Mukhlisin tidak hanya dilaksanakan secara formal di ruang kelas, tetapi juga secara non-formal melalui pembiasaan dan kultur pesantren yang sangat mendukung terbentuknya kepribadian Islami siswa.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Aqidah Akhlak berkontribusi nyata dalam membentuk etika siswa. Walaupun masih terdapat tantangan dan hambatan dalam pelaksanaannya, namun secara keseluruhan pembelajaran Aqidah Akhlak di MAS Pondok Pesantren Darul Mukhlisin sudah berjalan efektif dalam membentuk siswa yang beretika baik, berakhlakul karimah, serta memiliki kepribadian Islami.

Item Type: Skripsi (S-1)
Uncontrolled Keywords: Etika Siswa, Pembelajaran Aqidah Akhlak, Pesantren Darul Mukhlisin
Subjects: Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2025 05:03
Last Modified: 05 Dec 2025 05:03
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item
View Item