Analisa Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar PAI Di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Darul Abror, Desa Pematang Cengkring Kec. Medang Deras

Safitri, Nurhafida (2023) Analisa Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar PAI Di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Darul Abror, Desa Pematang Cengkring Kec. Medang Deras. Diploma thesis, STAI Tebingtinggi Deli.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui cara mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Darul Abror, di mulai dari cara penerapan Kurikulum Merdeka yang terdiri dari persiapan guru, cara pelaksanaan dan cara penilaian, kemudian permasalahan yang terjadi serta upaya-upaya yang dilakukan pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Sudah kita ketahui bahwa Kurikulum Merdeka ialah kurikulum baru dengan landasan sebagai penyempurna dari Kurikulum 2013, namun dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka ini perlu adanya penerapan terlebih dahulu bagi para guru sebelum diajarkan kepada siswa. Sehingga mampu membangun karakter siswa yang berkualitas baik di bidang akademik maupun dalam bidang lainnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengambil objek Sekolah Dasar Swasta Islam Terpadu Darul Abror. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam.
Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari 3 kegiatan yang pertama ada kegiatan pendahuluan lalu kegiatan inti dan di tutup dengan kegiatan penutup, ditambah dengan adanya projek P5. Kemudian terdapat permasalahan yang terjadi dalam penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu pendidik kurang mengikuti pelatihan, pembelajaran terdiferensiasi yang kurang maksimal dan mindset. Sehingga upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengikuti workshop intern/ekstern, meningkatkan kreativitas sebagai seorang guru dan sharing kepada sesama pendidik atau kepada orang yang lebih tau (sering bertanya).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, Permasalahan, Upaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Rudi Insani Purba
Date Deposited: 28 Jun 2024 14:10
Last Modified: 28 Jun 2024 14:10
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item
View Item