Pengaruh Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pai Terhadap Kualitas Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Bandar Khalipah Kecamatan Bandar Khalipah Kabupaten Serdang Bedagai

Assri, Minati Dewi (2023) Pengaruh Pembelajaran Aktif Pada Mata Pelajaran Pai Terhadap Kualitas Belajar Siswa Di Sma Negeri 1 Bandar Khalipah Kecamatan Bandar Khalipah Kabupaten Serdang Bedagai. Diploma thesis, STAI Tebingtinggi Deli.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (864kB)
[thumbnail of skripsi .pdf] Text
skripsi .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran aktif dalam mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bandar Khalipah, bagaimana proses pembelajaran yang berkualitas dalam mata pelajaran PAI di SMS Negeri 1 Bandar Khalipah, dan bagaimana pengaruh pembelajaran aktif terhadap kualitas belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Bandar Khalipah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah koesioner atau angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Bandar Khalipah yang berjumlah 66 siswa (responden). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan analisis uji instrument, uji asumsi/uji prasyarat dan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian dalam skripsi ini, menunjukkan pada jumlah responden 66 siswa, ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran aktif terhadap kualitas belajar siswa di SMA Negeri 1 Bandar Khalipah Kecamatan Bandar Khalipah Kabupaten Serdang Bedagai. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil uji linieritas yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui hubungan antar variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) apakah linear atau tidak, diketahui nilai Sig. Deviation from Linearity sebesar 0,066 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang linear antara variabel (X) Pembelajaran Aktif dengan variabel (Y) Kualitas Belajar Siswa dan berdasarkan uji regresi linear sederhana memperlihatkan bahwa nilai t hitung sebesar 6.527 dengan tingkat signifikan sebesar 0.000, dapat disimpulkan bahwa nilai signifikan kurang dari 0.005 sehingga variabel X berpengaruh terhadap variabel Y.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif, PAI, Kualitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Rudi Insani Purba
Date Deposited: 25 Jun 2024 13:37
Last Modified: 25 Jun 2024 13:37
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item
View Item