Pengaruh Metode Sing And Play Terhadap Kemampuan Mengingat Peserta Didik Kelas 2 Pada Pembelajaran Agama Islam Di UPT SD Negeri 14 Kandangan Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara

Nuratika, Nuratika and Parinduri, Sari Atika and Pratiwi, Indah Dina (2023) Pengaruh Metode Sing And Play Terhadap Kemampuan Mengingat Peserta Didik Kelas 2 Pada Pembelajaran Agama Islam Di UPT SD Negeri 14 Kandangan Kecamatan Laut Tador Kabupaten Batu Bara. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15 (2). pp. 194-198. ISSN 2407-2044

[thumbnail of 21) Jurnal Nana Yolanda.pdf] Text
21) Jurnal Nana Yolanda.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (251kB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di UPT.SD Negeri 14 Kandangan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh metode bernyanyi terhadap peningkatan kemampuan mengingat peserta didik pada pembelajaran PAI di UPT.SD Negeri 14 Kandangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan desain PreExperimental Design dengan rancangan penelitian One Group Pretest-Postest Design. Lokasi penelitian di UPT.SD Negeri 14 Kandangan. Sumber data adalah peserta didik kelas II. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi dan tes. Kemudian instrument penelitiannya adalah lembar observasi dan tes.
Penggunaan metode bernyanyi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam positif berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengingat peserta didik di kelas 2 UPT.SD Negeri 14 Kandangan, hal ini dapat dilihat dari hasil hipotesis menggunakan uji t (paired sample t-test) dengan pengolahan data SPSS Versi 22 membandingkan suatu ttabel dengan sthitung. Jika thitung > ttabel (thitung 0,874> ttabel sebesar 0,514) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi sesuai dengan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat peserta didik efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik di UPT.SD Negeri 14 Kandangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Sing And Play, Guru Sekolah Dasar, Membaca Pemahaman
Subjects: E-Book > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli > E-Book > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
L Education > L Education (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > E-Book > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
E-Book > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Rudi Insani Purba
Date Deposited: 22 Mar 2024 04:13
Last Modified: 22 Mar 2024 04:13
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/46

Actions (login required)

View Item
View Item