PERBANDINGAN METODE MIND MAPPING DAN PROJECT-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH AL WASHLIYAH TEBING TINGGI

Desi Wulandari, Desi (2025) PERBANDINGAN METODE MIND MAPPING DAN PROJECT-BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X DI MADRASAH ALIYAH AL WASHLIYAH TEBING TINGGI. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.

[thumbnail of COVER_0211001906_DESI WULANDARI.docx] Text
COVER_0211001906_DESI WULANDARI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (68kB)
[thumbnail of SKRIPSI_0211001906_DESI WULANDARI.docx] Text
SKRIPSI_0211001906_DESI WULANDARI.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Perbandingan Metode Mind Mapping Dan Project-Based-Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Al Jamiyatul Al Jamiyatul Washliyah Kota Tebing Tinggi. Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebing Tinggi Deli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Fiqih antara yang diajar menggunakan metode Mind Mapping dan yang diajar menggunakan metode Project-Based Learning (PBL) di Madrasah Al Jam’iyatul Washliyah Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment) jenis nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen I yang menggunakan metode Mind Mapping dan kelas eksperimen II yang menggunakan metode PBL, dengan jumlah masing-masing 35 siswa. Instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda yang diberikan pada saat pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji independent samples t-test. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest siswa pada kelompok Mind Mapping adalah 74,23, sedangkan kelompok PBL adalah 75,20. Namun, hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,067 > 0,05, yang berarti tidak terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara kedua metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa baik metode Mind Mapping maupun Project-Based Learning sama-sama efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, meskipun tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Penelitian ini merekomendasikan agar guru dapat mengadaptasi kedua metode ini secara kontekstual dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi (S-1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Mind Mapping, Project-Based Learning (PBL)
Subjects: Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2025 05:26
Last Modified: 13 Dec 2025 05:26
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/43

Actions (login required)

View Item
View Item