STRATEGI KOMUNIKASI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP NASABAH DI PT BSI KCP KOTA TEBING TINGGI

Purba, Mhd. Dandy Affandy (2024) STRATEGI KOMUNIKASI BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN TERHADAP NASABAH DI PT BSI KCP KOTA TEBING TINGGI. S-1 thesis, STAI TEBINGTINGGI DELI.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (105kB)
[thumbnail of bismillah valid II semuanya.pdf] Text
bismillah valid II semuanya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (956kB)
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh PT Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang (KCP) Kota Tebing Tinggi dalam meningkatkan pelayanan terhadap nasabah. Komunikasi yang efektif merupakan faktor kunci dalam menjaga hubungan yang baik antara bank dan nasabah, terutama dalam konteks perbankan syariah yang memiliki nilai-nilai dan prinsip-prinsip khusus.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak manajemen dan staf PT BSI KCP Kota Tebing Tinggi, serta dengan nasabah yang telah menggunakan layanan bank tersebut. Selain itu, dilakukan observasi langsung terhadap proses komunikasi antara staf bank dan nasabah. Analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi data untuk mengidentifikasi pola-pola utama dalam strategi komunikasi yang digunakan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT BSI KCP Kota Tebing Tinggi telah mengimplementasikan beberapa strategi komunikasi, seperti edukasi langsung melalui customer service, penggunaan media sosial untuk informasi produk dan layanan, penyebaran informasi melalui brosur dan flayer serta strategi komunikasi meningkatkan pelayanan melalui BSI mobile. Namun, penelitian ini juga menemukan adanya beberapa kendala, termasuk keterbatasan dalam personalisasi komunikasi khususnya hanya satu layanan customer service dapat menghambat jumlah antrian nasabah. Diantara kesemua strategi tersebut, yang memberikan kepuasan tertinggi ialah Strategi lewat customer service dan pemberian reward melalui BSI mobile. Dapat disimpulkan, beberapa bentuk komunikasi yang dilakukan, merupakan suatu dasar dan landasan dalam Strategi komunikasi. Strategi komunikasi memiliki pandangan sama atas bentuk strategi yang memberikan kepuasan, namun memberikan bentuk konkrit Implementasi yang sangat berbeda.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kepuasan Nasabah,Pelayanan

Item Type: Skripsi (S-1)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kepuasan Nasabah,Pelayanan
Subjects: Skripsi > Komunikasi dan Penyiaran Isam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Isam
Depositing User: Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id
Date Deposited: 15 Oct 2025 07:12
Last Modified: 15 Oct 2025 07:12
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/4

Actions (login required)

View Item
View Item