Suci Shintiya Harnum, Suci (2025) PENERAPAN METODE INKUIRI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS X MAS AL-WASHLIYAH DESA PAKAM KECAMATAN MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.
COVER_0211001958_SUCI SHINTIYA HARNUM.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB)
SKRIPSI_0211001958_SUCI SHINTIYA HARNUM.doc - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas X Di MAS Al Washliyah Desa Pakam Kec. Medang Deras Kab. Batu Bara. Penelitian ini membahas tentang penerapan metode Inkuiri dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran SKI, dengan latar belakang masalah guru Sejarah Kebudayaan Islam tidak menggunakan metode pembelajaran yang beragam sehingga banyaknya siswa yang kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran.Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan metode inkuiri, untuk mengetahui kendala yang dialami guru SKI dalam menerapkan metode inkuiri dan mengetahui evaluasi penerapan metode inkuiri di MAS Al Washliyah Desa Pakam Kec. Medang Deras kab Batu Bara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini adalah penerapan metode inkuiri dengan membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir, analisis, dan komunikasi serta meningkatkan pemahaman mereka tentang materi pembelajaran. Kendala yang dialami guru SKI dalam penerapan metode inkuiri yaitu siswa kesulitan dalam mencari informasi, keterbatasan waktu dan siswa sulit memahami pertanyaan. Evaluasi dari penerapan metode inkuiri yaitu menggunakan kombinasi lembar observasi dan tes evaluasi hasil belajar siswa untuk mengukur aspek kognitif dan afektif secara menyeluruh dan evaluasi harus dilakukan dengan perencanaan, persiapan, pengamatan dan refleksi secara berkala baik. Dengan demikian metode inkuiri terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa karena siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran.
| Item Type: | Skripsi (S-1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penerapan, Metode Inkuiri, Meningkatkan, Minat belajar |
| Subjects: | Skripsi > Pendidikan Agama Islam Skripsi > Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 07:12 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 07:13 |
| URI: | https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/34 |
