PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL APLIKASI CAPCUT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 SEI SUKA KECAMATAN SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA

Rini Novika, Rini (2025) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL APLIKASI CAPCUT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 SEI SUKA KECAMATAN SEI SUKA KABUPATEN BATU BARA. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.

[thumbnail of COVER_0211001952_RINI NOVIKA.docx] Text
COVER_0211001952_RINI NOVIKA.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (65kB)
[thumbnail of SKRIPSI_0211001952_RINI NOVIKA.docx] Text
SKRIPSI_0211001952_RINI NOVIKA.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital Aplikasi CapCut Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di SMA Negeri 1 Sei Suka Kecamatan Sei Suka Kabupaten Batu Bara”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital aplikasi CapCut terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 1 Sei Suka. Latar belakang penelitian ini berangkat dari rendahnya motivasi belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran PAI yang cenderung monoton, sehingga diperlukan media pembelajaran kreatif yang dapat meningkatkan minat, perhatian, dan partisipasi siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan angket. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sei Suka, dengan jumlah sampel 91 responden yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, reliabilitas, dan regresi linier sederhana menggunakan program SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan aplikasi CapCut sebagai media pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,771 yang berarti bahwa 77,1% variasi motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh pemanfaatan media CapCut, sedangkan sisanya 22,9% dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi CapCut sebagai media pembelajaran digital mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Guru diharapkan terus mengembangkan kreativitas dalam memanfaatkan media digital agar pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman.

Item Type: Skripsi (S-1)
Uncontrolled Keywords: CapCut, motivasi belajar, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id
Date Deposited: 08 Dec 2025 06:54
Last Modified: 08 Dec 2025 06:54
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item
View Item