ETIKA PROFESI GURU

Ismail, H. and Muliatno, Muliatno and Pratiwi, Indah Dina and Nizar, M. Alang Khairun and Novianti, Winda ETIKA PROFESI GURU. PT. RADJA INTERCONTINENTAL PUBLISHING, Lhokseumawe. ISBN 978-623-88895-0-1

[thumbnail of ETIKA+PROFESI+GURU.pdf] Text
ETIKA+PROFESI+GURU.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Guru merupakan sebuah profesi untuk menyiapkan sumber daya manusia dalam mendorong pembangunan bangsa. Guru dengan segala keterampilan serta kompetensinya, berupaya mempersiapkan pembelajaran bagi para siswa. Sehingga tidak salah jika guru sebagai salah satu kunci pembangunan bangsa yang maju dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah pedoman bersikap serta berperilaku tercermin dalam tindakan nyata. Dalam hal ini, perlu dibahas beberapa hal penting tentang pengertian etika, profesi, guru serta bagimana etika dalam profesi keguruan dan kode etik guru di Indonesia. Kebutuhan akan refleksi yang dirasakan antara lain karena pendapat etis seseorang mayoritas sama dengan pendapat orang lain. Oleh karena itu, diperlukan etika, bertujuan mencari tahu hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh manusia. Secara metodologis, tidak setiap hal yang menilai suatu perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika membutuhkan sikap kritis, metodis, serta sistemastis dalam melakukan refleksi. Dengan demikian, etika merupakan suatu ilmu, objek dari etika sendiri adalah tingkah laku manusia. Etika juga memiliki sudut pandang normatif, karena etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia.

Item Type: Book
Subjects: E-Book > AI Indexes (General)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli > E-Book > AI Indexes (General)
Divisions: Library of Congress Subject Areas > E-Book
E-Book
Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Muhammad Rudi Insani Purba
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:14
Last Modified: 26 Jun 2024 17:59
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item
View Item