Rani Ramadani, Rani (2025) PENERAPAN STRATEGI PENGELOLAAN KELAS INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH ALIYAH AL-WASLIYAH DESA PAKAM KECAMATAN MEDANG DERAS KABUPATEN BATU BARA. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.
COVER_0211001948_RANI RAMADANI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (251kB)
SKRIPSI_0211001948_RANI RAMADANI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Disiplin siswa merupakan salah satu
faktor penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif,
khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak yang bertujuan membentuk
karakter dan moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan
strategi pengelolaan kelas interaktif dalam meningkatkan disiplin siswa pada mata
pelajaran Akidah Akhlak kelas X. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X. Strategi
pengelolaan kelas interaktif yang diterapkan meliputi seperti, penggunaan metode
pembelajaran yang bervariasi seperti diskusi kelompok, role playing, dan
presentasi. Penerapan aturan kelas yang jelas dan konsisten, pemberian reward dan
punishment yang tepat, menciptakan komunikasi dua arah antara guru dan siswa
dan, penggunaan media pembelajaran yang menarik dan relevan dengan materi
Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam,
observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari Guru
Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X, siswa itu sendiri serta Kepala Sekolah itu
sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pengelolaan kelas
interaktif memberikan dampak positif dalam meningkatkan disiplin siswa. Temuan
penelitian mengungkapkan beberapa aspek penting terciptanya suasana
pembelajaran yang lebih kondusif dan menyenangkan bagi siswa, meningkatnya
kesadaran siswa untuk mematuhi aturan kelas tanpa paksaan, terbentuknya budaya
saling menghormati antara guru dan siswa serta antar sesama siswa, meningkatnya
motivasi belajar siswa dalam memahami nilai-nilai akidah dan akhlak. Dari sisi
guru, strategi ini membantu menciptakan komunikasi yang lebih efektif dan
membangun hubungan emosional yang positif dengan siswa. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa strategi pengelolaan kelas interaktif terbukti efektif dalam
meningkatkan disiplin siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Keberhasilan ini
didukung oleh terciptanya lingkungan belajar yang partisipatif, komunikasi dialogis
antara guru dan siswa, serta internalisasi nilai-nilai akhlak melalui praktik
pembelajaran yang interaktif.
| Item Type: | Skripsi (S-1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas Interaktif, Disiplin Siswa, Akidah Akhlak, Pembelajaran Agama Islam |
| Subjects: | Skripsi > Pendidikan Agama Islam Skripsi > Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 06:40 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 06:45 |
| URI: | https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/30 |
