Damanik, Anggi Muliyani (2025) Pengaruh Model Small Group Discussion (SGD) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 1 Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. S-1 thesis, STAI Tebingtinggi Deli.
![[thumbnail of Cover.pdf]](https://repo.staittd.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Cover.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (59kB)
![[thumbnail of BAB I(4).pdf]](https://repo.staittd.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I(4).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (473kB)
Abstract
Anggi Muliyani Damanik, NPM/NIRM: 0211001897/021.24.1.1.1.I.0901, Pengaruh Model Small Group Discussion (SGD) Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMA Negeri 1 Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tebing Tinggi Deli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Small Group Discussion (SGD) terhadap kemampuan komunikasi siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara. Komunikasi yang efektif merupakan unsur penting dalam proses pembelajaran, terutama dalam pendidikan Islam yang menekankan interaksi dua arah antara guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriptif-analitis. Sampel penelitian berjumlah 87 siswa yang dipilih menggunakan rumus Slovin dari populasi 639 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi, sedangkan analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, linieritas, serta regresi linear sederhana menggunakan IBM SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SGD diterapkan secara efektif dan memperoleh respon positif dari siswa. Nilai rata-rata kemampuan komunikasi siswa tergolong tinggi setelah penerapan model SGD. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model SGD terhadap kemampuan komunikasi siswa dengan nilai signifikansi 0,025 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Small Group Discussion berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Item Type: | Skripsi (S-1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Small Group Discussion, Komunikasi Siswa, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Aktif |
Subjects: | Skripsi > Pendidikan Agama Islam Skripsi > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id |
Date Deposited: | 15 Oct 2025 07:12 |
Last Modified: | 15 Oct 2025 07:12 |
URI: | https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/3 |