Putri, Nur Annisa (2025) PENGARUH ASESMEN BERBASIS DIGITALISASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MAS AL-WASHLIYAH DESA PAKAM KECAMATAN MEDANG DERAS KABUPATEN BATUBARA. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.
COVER_0211001936_NUR ANNISA PUTRI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (267kB)
SKRIPSI_0211001936_NUR ANNISA PUTRI.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam proses asesmen pembelajaran. Digitalisasi asesmen menjadi salah satu inovasi yang mempermudah guru dalam mengukur capaian belajar siswa secara efektif, cepat, dan akurat. Pada pembelajaran Fiqih di MAS Al Washliyah Desa Pakam, pemanfaatan asesmen berbasis digital diharapkan dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Namun, efektivitas penerapannya terhadap hasil belajar siswa masih perlu dibuktikan melalui penelitian yang terukur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh asesmen berbasis digitalisasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas XI di MAS Al Washliyah Desa Pakam. Fokus penelitian diarahkan untuk mengidentifikasi sejauh mana penggunaan media asesmen digital dapat memberikan dampak positif pada tingkat pemahaman, retensi materi, dan capaian nilai siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI, sedangkan sampel penelitian ditentukan dengan teknik sampling tertentu sesuai kebutuhan. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur penerapan asesmen berbasis digital dan tes hasil belajar untuk mengukur capaian akademik siswa.
Analisis data dilakukan menggunakan uji regresi sederhana dengan bantuan perangkat lunak SPSS untuk melihat signifikansi pengaruh antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen berbasis digitalisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Siswa yang terlibat aktif dalam asesmen digital cenderung memiliki pemahaman materi yang lebih baik dan nilai yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang kurang memanfaatkan media tersebut. Dengan demikian, penerapan asesmen berbasis digitalisasi dapat menjadi strategi evaluasi yang efektif dalam meningkatkan mutu pembelajaran Fiqih di tingkat madrasah.
| Item Type: | Skripsi (S-1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Asesmen Digital, Hasil Belajar, Fiqih, Teknologi Pendidikan |
| Subjects: | Skripsi > Pendidikan Agama Islam Skripsi > Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 06:05 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 12:27 |
| URI: | https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/26 |
