PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KEC. SIPISPIS KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Dearni Ananda Putri, Dearni (2025) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 KEC. SIPISPIS KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.

[thumbnail of COVER_0211001905_DEARNI ANANDA PUTRI.docx] Text
COVER_0211001905_DEARNI ANANDA PUTRI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (41kB)
[thumbnail of SKRIPSI_0211001905_DEARNI ANANDA PUTRI.docx] Text
SKRIPSI_0211001905_DEARNI ANANDA PUTRI.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (706kB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Negeri 1 Sipispis. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pembelajaran PAI yang tidak hanya bersifat teoritis, tetapi juga mampu membentuk pola pikir kritis dan aplikatif sesuai dengan tantangan kehidupan modern. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan ke dalam beberapa tahap, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi ahli, revisi, uji coba terbatas, dan uji coba lapangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sipispis tahun pelajaran 2024/2025.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek yang dikembangkan dinilai layak oleh ahli materi dan ahli pembelajaran. Penerapan model ini dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif, memfasilitasi kolaborasi, serta mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun solusi terhadap permasalahan kontekstual yang berkaitan dengan nilai-nilai Islam. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa terlihat dari hasil observasi, penilaian proyek, serta refleksi siswa selama proses pembelajaran. Dengan demikian, pengembangan model pembelajaran berbasis proyek ini efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI, dan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan kontekstual dalam pendidikan agama di tingkat SMA.

Item Type: Skripsi (S-1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model pembelajaran berbasis proyek, berpikir kritis, pendidikan agama Islam, siswa SMA
Subjects: Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2025 05:46
Last Modified: 04 Dec 2025 05:46
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/17

Actions (login required)

View Item
View Item