PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 AIR PUTIH KECAMATAN AIR PUTIH KABUPATEN BATU BARA

Azra Niswi, Azra (2025) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 AIR PUTIH KECAMATAN AIR PUTIH KABUPATEN BATU BARA. S-1 thesis, STAI TEBING TINGGI DELI.

[thumbnail of COVER_0211001902_AZRA NISWI.docx] Text
COVER_0211001902_AZRA NISWI.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (327kB)
[thumbnail of SKRIPSI_0211001902_AZRA NISWI.docx] Text
SKRIPSI_0211001902_AZRA NISWI.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (226kB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh metode pembelajaran aktif terhadap kemampuan kognitif siswa kelas sebelas mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Air Putih. Metode pembelajaran aktif dianggap dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan oleh karena itu kemungkinan besar akan berdampak positif terhadap pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental. Sampel terdiri dari siswa kelas sebelas, yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif yang dirancang untuk mengukur kemampuan pemahaman dan penalaran siswa setelah penerapan metode pembelajaran aktif.
Hasil analisis data menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kemampuan kognitif siswa yang diajar menggunakan metode pembelajaran aktif dan yang diajar menggunakan metode konvensional. Temuan ini mendukung asumsi bahwa strategi pembelajaran yang menekankan partisipasi aktif siswa dapat meningkatkan hasil belajar, khususnya pada ranah kognitif. Oleh karena itu, metode pembelajaran aktif dapat menjadi alternatif yang efektif untuk mengoptimalkan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah menengah.

Item Type: Skripsi (S-1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran aktif, keterampilan kognitif, pendidikan agama Islam, siswa kelas sebelas
Subjects: Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Skripsi > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email rudhysany@staittd.ac.id
Date Deposited: 04 Dec 2025 05:40
Last Modified: 04 Dec 2025 05:40
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item
View Item