Pola Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah YAPI Sipare-Pare

Nur, Hafizah and Sari Atika, Parinduri and Indah Dina, Pratiwi (2023) Pola Pembelajaran Di Madrasah Tsanawiyah YAPI Sipare-Pare. Nizam Sri Deli: Jurnal Penelitian dan Ilmu-ilmu Keislaman, 15 (2). pp. 70-76. ISSN 2407-2044

[thumbnail of 4) Jurnal Nurhafizah.pdf] Text
4) Jurnal Nurhafizah.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (212kB) | Request a copy
Official URL: https://staittd.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dalam skripsi ini, penggunaan metode diterapkan pada saat pembelajaran PAI. Guru yang sadar berusaha mengatur lingkungan belajar agar gairah bagi anak didik. Dengan seperangkat teori dari yang dimiliki, guru gunakan untuk bagaimana mempersiapkan program pengajaran dengan baik dan sistematis. Guru menerapkan metode diskusi, metode Tanya jawab, metode ceramah, metode penugasan, pada saat proses pembelajaran dis-esuaikan dengan materi yang diajarkannya.
Dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Yapi Sipare-pare, guru menggunakan pola mengajar interaksional, siswa dilibatkan secara langsung untuk berinteraksi mendiskusikan materi secara berdiskusi. Peran siswa, dominan mengemukakan pandangannya tentang re-alita, mendengarkan pendapat temannya, memodifikasi berbagai ide untuk mencari bentuk baru yang lebih tajam dan valid. Menghadapi problematika tersebut pihak MTs Yapi Sipare-pare menggunakan berbagai macam upaya yakni, pertama mengatasi kurangnya pemahaman peserta didik dalam pembelajaran pendidi-kan agama Islam guru berupaya menciptakan lingkungan belajar yang kondisif dan suasana yang me-nyenangkan bagi peserta didik. Kedua, untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan cara menasihati peserta didik agar mau untuk belajar dan guru memberikan nilai, pujian kepada peserta didik kepada keberhasilan belajar peserta didik. Ketiga, untuk meningkatkan kompetensi guru dalam meguasai kelas pihak Madrasah melakukan penilaian kepada guru yang mengajar, memanggil guru dan dilakukan pembinaan kepada guru dan mengikut sertakan dalam acara pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi guru. Keempat, lingkungan keluarga yang kurang mendukung, untuk ini pihak madrasah berusaha untuk bersosialisasi kepada para orangtua atau wali peserta didik, sehingga materi pem-belajaran Pendidikan Agama Islam yang berikan di Madrasah dapat diaplikasikan di lingkungan keluarga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran, Madrasah Tsanawiyah Yapi Sipare-pare
Subjects: E-Book > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli > E-Book > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Sekolah Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
L Education > LA History of education
Divisions: Library of Congress Subject Areas > E-Book > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
E-Book > Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Rudi Insani Purba
Date Deposited: 08 Feb 2024 08:08
Last Modified: 08 Feb 2024 08:08
URI: https://repo.staittd.ac.id/id/eprint/14

Actions (login required)

View Item
View Item